Pages - Menu

Monday 9 December 2013

Pelajaran Dari Pak Abraham Samad

Minggu malem, seperti biasa gue pantengin acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Just it. Tapi, akhir-akhir ini ada acara yang menarik banget dan inspiratif buat diikuti. 1 Indonesia di NET.

Acaranya santai, berkesan, tapi bener-bener menginspirasi. Hostnya? Marissa Anita, yang dulu jadi bagian dari Metro TV tapi sekarang di NET.



Dari sekian banyak segmen, adalah segmen terakhir yang paling berkesan dan inspiratif. Sebuah quote yang bukan milik Pak Abraham Samad namun dari sang Ibunda.

Ceritanya saat kecil, saat masih di sekolah dasar, yang saat itu masih pakai papan tulis hitam, pasti ada banyak kapur tulis. Hampir tiap hari teman-teman Pak Abraham ngambil kapur tulis yang ada. Sang guru pun ternyata gak masalahin hal ini dan ngebiarin semua anak muridnya ngambil kapur-kapur tulis tersebut. Pak Abraham kecil pun akhirnya "tergoda" buat ngambil.

Suatu hari, beliau ngambil 5 batang kapur tulis buat dibawa pulang. Beliau sengaja ngambil dan bawa pulang karena di rumahnya ada sebuah papan tulis hitam dan mau ngerjain sesuatu di sana. Sesaat setelah sampai di rumah, sang Ibunda ngelihat kapur-kapur tulis itu. Seketika sang Ibunda marah. Dan tanya dari mana Pak Abraham Samad kecil ngedapetin kapur-kapur tulis itu.

Beliau pun menjawab jujur jika ia mendapatkannya dari sekolah, mengambilnya di depan para teman dan gurunya. Sama seperti temen-temennya yang lain yang lebih terbiasa buat ngambil.

Tahukah apa yang diucapkan sang Ibunda Pak Abraham Samad?
Sekarang juga, bungkus lagi kapur-kapur tulis ini dan kembalikan ke sekolah! Kapur-kapur ini bukan milikmu, ini milik sekolah! Kalau kamu mengambilnya, sama saja dengan kamu mencuri! - Ibunda Abraham Samad

Terdengar simple ya? Ada yang menganggap quote dari Ibunda Pak Abraham Samad ini biasa saja? Baca lagi! Atau masih kurang jelas? Yaudah, baca deh quote dari Pak Abraham Samad tentang pelajaran yang ia petik dari amarah sang Ibunda.
Yang saya dapat dari hal ini adalah saya tak boleh mengambil barang-barang yang bukan milik saya meskipun barang tersebut tak ada harganya. Mungkin karena hal inilah, saya bisa menjadi ketua KPK. - Abraham Samad
So inspiring! Jujur aja, Pak Abraham Samad salah satu tokoh favorit gue. Ketua KPK yang bicaranya santai, berwibawa tapi ngena banget. Salut!

Videonya menyusul, tunggu pihak NET. ngupload videonya di YouTube.

No comments:

Post a Comment