Pages - Menu

Monday 16 December 2013

Waktu Punya Kuasa

Gak tau harus mulai dari mana. Gue cuma akhir-akhir ini berpikir aja, ternyata waktu itu berkuasa banget buat ngubah segalanya.
Semua dimulai tahun 2010 seinget gue. Kenal pas sekelas pas tes. She's my sister. No, my lovely sister! Dia itu orang yang udah gue anggep adek sendiri. Orang yang (dulu) segalanya buat gue. Adek kelas yang akhirnya berubah jadi adek ketemu gede.

Jujur, gak mungkin gue ngehapus kenangan sama dia. Lama kenal, dan udah saling memahami karakter masing-masing. Tiap hari sms. Pergi main bareng. Ya, dulu itu udah jadi pemandangan biasa, bahkan hal yang rutin gue sama dia jalanin. Dan semua ucapan kalo kita pacaran di sekolah itu jadi hal yang gak aneh. Padahal kita gak lebih, gak lebih dari kakak dan adek.

Gak pernah kebayang kalo semuanya bakal berkahir kayak gini. Dari yang awalnya saling ngisi, sampe sekarang saling diem gak ada yang mulai komunikasi lebih dulu. Gue sadar, kadang gue juga bukan kakak yang baik buat dia, tapi gue juga maklumin sih dia itu adek yang bener-bener kelewat batas.

Dari sekian tahun bareng, buanyak buanget memori yang gak akan pernah bisa ilang dari otak gue. Dari yang seneng sampe sedih. Dari yang bahagia sampe yang nyakitin banget.

Gimana sih rasanya bisa main bareng seharian gak kenal waktu muter-muter naik motor sampe akhirnya ban nya bocor? Gimana sih rasanya ngeliat adek sendiri nangis di depan kita, kepingin meluk tapi segan karena di bukan adek kita? Gimana rasanya ngasih hadiah ultah buat adek sendiri yang hadiah ultah itu sampe sekarang (mungkin) masih ada dan gak cuma jadi pajangan? Gimana rasanya ngebeliin es krim tapi es krimnya dibuang cuma gara-gara mintanya coklat?

Ah, itu cuma sebagian kecil, kecil banget dari begitu banyak kisah gue sama dia.

Dan yang paling gak bisa gue lupain saat gue bilang mau pergi karena dia ngeyel aja buat pacaran padahal gue bilang jangan. Dia pinjemin gue diary nya yang sampe sekarang, gambar scan dari tulisan-tulisan dia di diary yang katanya udah ilang itu masih ada di flashdisk gue. Yang isinya bikin gue nangis semaleman karena gue ngerasa dia masih butuh gue, dan gak tega buat ninggalin dia. And then, setelah gue gak jadi pergi, gue mutusin buat pacaran lagi setelah sekian lama single (bukan jomblo ya).. Kronologinya terlalu pas, karena pas gue pacaran lagi, dia putus. Dia jadi ngira gue balas dendam. Terlebih dia juga gak suka sama pacar gue saat itu.

Well, emang saat itu juga dia mau UN, so gue gak ganggu dia biar dia fokus belajar. Karena gue gak mau dia dapet hasil jelek. Selepas UN, gue ajak komunikasi dia tapi jawabannya gak ngenakin banget saat itu. Sejenak gue berpikir, "kenapa jadi gini? gue bertahan di sini buat dia tapi kok malah kayak gak ada gunanya?"

Ya, gue bertahan di kampung buat dia. Setahun gue bertahan, cuma buat nepatin janji gue. Janji supaya gue tetap ada di deket dia saat UN, karena dia bilang sendiri gak akan bisa UN tanpa gue.

Selepas itu, gue mulai tau kuasa waktu. Saat dia minta gue buat milih dia atau pacar gue saat itu, gue gak milih salah satu, gue biarin waktu yang jawab dan siapa yang masih ada buat gue. Dan ternyata dia yang ngejauh. Hem, kayaknya gue masih belum sadar tentang kuasa waktu yang lebih besar. Setahun lebih gue sama pacar gue saat itu, gue bener-bener kehilangan adek gue itu. Tapi gue juga sebenernya udah ada sahabat yang jauh di sana.

Singkat cerita, gue putus sama pacar gue. Dan pelan-pelan, waktu mulai ambil alih semuanya. Gue yang dulu selalu meratapi nasib saat putus, sekarang gak lagi. Karena gue punya orang yang bisa ngecover gue, sahabat gue itu.

Waktu terus berputar. Dan siapa sangka, perasaan gue sama dia udah bukan sahabat lagi. Hal tabu buat suka, sayang dan cinta sama sahabat sendiri ya?

Gue inget banget kata-kata adek gue dulu yang bilang gak setuju gue sama mantan gue tapi lebih setuju gue sama sahabat gue. Hem, bakal kejadian gak tuh ya?

Yang bener-bener gue tahu sekarang, waktu emang seperti punya kuasa. Waktu seperti yang ngendaliin semua. Waktu yang seperti alat pembuktian. Karena gue tau, waktu adalah "perangkat" Tuhan buat bikin kita ngikutin skenario Tuhan. Karena Tuhan adalah satu-satunya sutradara terbaik yang pernah ada.
Waktu bukan sekedar tentang detik, menit, jam, dan semua kelanjutannya. Bukan juga sekedar siang- malam, pagi-sore. Apalagi sekedar uang, seperti apa yang pepatah katakan. Waktu adalah "perangkat" Tuhan untuk membuat kita mengikuti skenario-Nya. Karena Tuhan adalah satu-satunya sutradara terbaik yang pernah ada. Waktu yang akan membuktikan siapa yang pantas untuk kita. Waktu yang akan mendewasakan dan menguatkan kita. Karena waktu punya kuasa, sama seperti Tuhan yang punya kuasa bahkan pada sang Waktu itu sendiri.

No comments:

Post a Comment