Pages - Menu

Sunday 29 December 2013

Saat Dunia Tak Adil, Tapi Tuhan Tetap Maha Adil

Udah mau pergantian tahun, makin banyak pelajaran hidup yang gue dapetin. Ya emang seharusnya begitu sih.

Cerita kita mulai dari berita yang heboh beberapa waktu terakhir, pengemis yang punya uang puluhan juta hasil mengemisnya. Padahal gaji orang kerja kantoran atau buruh tak sampai segitu sebulannya. Kayaknya mereka udah nyaingin wirausahawan aja ya. Apa kita harus bilang kalo pengemis itu setara sama wirausahawan? Hell!

Kedengeran gak adil ya dunia ini saat kita ngeliat realita kayak di atas tadi. But, seperti judul tulisan gue ini, saat dunia tak adil, tapi Tuhan tetap Maha Adil, gue bakal ceritain realita lain yang gue liat dengan mata kepala gue sendiri bahkan gue alamin.

Sepenggal realita di atas kadang bikin kita geleng-geleng kepala, gimana bisa pengemis punya uang begitu banyak dari pekerjaannya (gue ragu, itu pekerjaan apa bukan). Emang sih, gak semua pengemis seperti yang terekspos di televisi, tapi saat mengemis sudah menjadi hobi, kita bisa apa? Apa kita bisa bedain mana yang bener-bener butuh, atau yang cuma buat ngumpulin harta sebanyak-banyaknya dan punya rumah gedongan di kampungnya? Tapi terlepas dari itu, jangan sampai bikin kita kapok buat ngasih sedekah ke mereka. Toh, Tuhan Maha Adil.

Nah, ini pelajaran yang gue dapet beberapa waktu terakhir. Kerjaan gue yang jauh dari rumah bikin gue sadar gak semua orang terlahir dalam keaadaan yang enak, nyaman, baik, ya pkoknya yang positif lah. Gak semua. Banyak juga yang punya banyak kekurangan.

Yang pertama gue mau share yang kekurangan fisik dulu ya. Karena kerjaan gue yang di luar ruangan pasti bikin gue banyak ngeliat orang-orang yang kekurangan secara fisik. Gue belum lama ini beli jam tangan sama orang yang (sorry banget gue harus bilang) gak punya tangan. Don't you ever think, bagaimana bisa orang yang gak punya tangan tapi jualan jam tangan? Itu yang gue bilang kadang dunia gak adil, tapi hebatnya banyak orang yang beli jam tangan sama dia. Itu kenapa? Karena Tuhan adil, siapa yang mau berusaha pasti dikasih jalan kok. Bandingin sama laki-laki yang masih muda, fisik komplit, yang sebenernya mungkin ganteng tapi harus jadi waria di malam hari. Oh shit, why? Apa sih yang ada di pikiran mereka?

Lanjut ke yang kekurangan dalam hal ekonomi. Subhanallah deh buat yang ini, terlalu banyak gue liat di jalanan orang-orang yang kekurangan di sisi ini. Tiap hari, di jalan selepas pulang kerja, gue pasti ngeliatin satu keluarga yang tinggalnya di trotoar yang atasnya dikasih atap pake terpal. Mereka tetep bisa tidur satu keluarga, meskipun sempit. Tapi di tiap siang gue lewat, mereka tetep bisa ketawa. Nah, bener, kebahagiaan emang gak selalu bisa diukur dengan uang. Beda sama wakil rakyat di gedung megah sana yang bahkan uang rakyat yang harusnya buat rakyatnya eh di masukin bank saku sendiri (tapi kata mereka sih bangsaku sendiri ckck).

Yang terakhir kekurangan perhatian dan kasih sayang orang tua. Buat yang ini, gue bisa ambil contoh dari orang-orang yang gue kenal. Gue mau tanya, gimana sih rasanya lahir tanpa orang tua? Atau lahir dengan orang tua yang utuh tapi akhirnya bubar? Atau lagi orang tua ada dan utuh tapi di rumah gak serasa kayak di surga? Atau punya orang tua tapi gak peduli sama anaknya? Banyak anak-anak yang masih muda tapi ngalamin hal itu, hal yang sebenernya gak pantes mereka rasain. Sahabat gue sendiri misalnya, wanita terkuat di dunia setelah nyokap gue. Kekurangan yang dia punya sekarang malah bikin dia lebih kuat dari sebelumnya. Tanpa perhatian dan kasih sayang orang tua malah bikin dia hidup lebih mandiri dan dewasa. Sedangkan banyak juga orang-orang yang gue kenal, saat mereka kehilangan sedikit aja perhatian dan kasih sayang orang tua, bikin mereka bertindak bodoh. Mulai dari yang nyakitin diri sendiri, gak pernah belajar but lebih baik, cari orang lain dalam bentuk yang biasa disebut pacar tapi akhirnya malah ngasih hal berharganya ke pacarnya itu, sampai yang paling bodoh yaitu bunuh diri.

Well, kita bisa liat sendiri. Yang gue bilang bener kan? Di dunia ini emang gak adil, banyak banget yang kita liat dari sudut pandang kita sendiri kita bilang gak adil. Tapi tetep aja lah, Tuhan itu Maha Adil kok. Sekurang-kirangnya kita, asal kita mau move up, asal ada niat baik, Tuhan gak ada biarin itu cuma jadi hal sia-sia.

No comments:

Post a Comment